Pesan António Guterres di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Dengan mengembalikan ekosistem, kita dapat mendorong sebuah perubahan yang akan berkontribusi pada pencapaian semua Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kita telah dengan sangat cepat mencapai titik yang sangat kritis untuk planet.

Kita menghadapi tiga keadaan darurat lingkungan – hilangnya keanekaragaman hayati, gangguan iklim, dan meningkatnya polusi.

Sudah terlalu lama, kemanusiaan telah menebangi hutan Bumi, mencemari sungai dan lautannya, dan merusak padang rumputnya.

Kita merusak ekosistem yang menopang masyarakat kita.

Dan, dengan melakukan itu, kita berisiko kehilangan makanan, air, dan sumber daya yang kita butuhkan untuk bertahan hidup.

Degradasi pada alam telah merusak kesejahteraan 3,2 miliar orang – atau 40 persen dari umat manusia.

Namun untungnya Bumi tetap Tangguh.

Namun, ia membutuhkan bantuan kita.

Kita masih memiliki waktu untuk memperbaiki kerusakan yang telah kita perbuat.

Oleh karena itu, di hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, kami meluncurkan Dekade Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Restorasi Ekosistem.

Gerakan sedunia ini akan menyatukan pemerintah, sektor swasta, masyarakat sipil, dan warga negara dalam upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menyembuhkan Bumi.

Dengan mengembalikan ekosistem, kita dapat mendorong sebuah perubahan yang akan berkontribusi pada pencapaian semua Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Tugas ini monumental.

Kita perlu menanam kembali dan melindungi hutan kita

Kita perlu membersihkan sungai dan laut kita.

Dan kita perlu menghijaukan kota kita.

Mencapai semua ini tidak hanya melindungi sumberdaya planet

Ini akan menciptakan jutaan pekerjaan baru pada tahun 2030, menghasilkan pengembalian lebih dari 7 triliun dolar setiap tahun dan membantu menghapus kemiskinan dan kelaparan.

Dekade Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Restorasi Ekosistem adalah panggilan dunia untuk beraksi.

Ini akan mengumpulkan dukungan politik, penelitian ilmiah, dan kekuatan finansial untuk meningkatkan restorasi secara besar-besaran.

Semua dapat berkontribusi

Sains memberi tahu kita bahwa 10 tahun ke depan ini adalah kesempatan terakhir kita untuk mencegah bencana iklim, membalikkan gelombang polusi yang mematikan, dan mengakhiri hilangnya spesies

Maka dari itu, Jadikan hari ini sebagai awal dari dekade baru – dekade di mana kita akhirnya berdamai dengan alam dan mengamankan masa depan yang lebih baik untuk semua.

Speech by
Author
António Guterres
Secretary-General of the United Nations
Sec-gen
UN entities involved in this initiative
UN
United Nations